Wednesday, July 07, 2010

Kotak Pandora (Bag. 1)

Permainan asah otak kali ini berjudul Kotak Pandora (Bagian 1).

Situasi:
Source:  http://www.shutterstock.com/pic-31951201/stock-vector-pandora-s-box.html 
Zaman dahulu, ada seorang gadis bernama Pandora yang sedang mencari calon suami dengan kriteria utama: cerdas. Ia pun membuat beberapa teka-teki untuk dipecahkan oleh para pria yang mencalonkan diri untuk menjadi suaminya. Teka-teki ini adalah salah satunya.

Petunjuk:
Ada tiga buah kotak yang terbuat dari material yang berbeda. Di dalam salah satu kotak, tersimpan sebuah cincin pernikahan. Pandora meminta mereka untuk mencari tahu di mana letak cincin tersebut disimpan. Sebagai petunjuk, pada tiap kotak disediakan sebuah clue (dari ketiga pernyataan clue yang diberikan, hanya satu atau tidak ada sama sekali yang benar). Berikut pernyataan tersebut:
  •  Kotak emas: “Cincin ada di dalam kotak ini.”
  • Kotak perak: “Cincin tidak ada di dalam kotak ini.”
  • Kotak timah: “Cincin tidak ada di dalam kotak emas.”

Pertanyaan:
Dari ketiga pernyataan tersebut, adakah pernyataan yang benar? Yang mana?
Di manakah cincin tersebut disimpan?


Note: For your information (FYI), Permainan asah otak ini saya copy dari situs Brain Teasers (http://brainden.com/einsteins-riddles.htm). Di sana kamu bisa dapetin permainan asah otak lainnya. Yah, hitung-hitung buat mengasah logika ataupun sekedar buat mengisi waktu. Kalau kamu kesulitan dalam memecahkannya, kunjungi saja forumnya, dan kamu bakal dapatin “bantuan” dari mereka yang sudah terlebih dahulu mengerjakannya (walaupun demikian, bagi saya sendiri, lebih puas dan lebih seru saja kalau berhasil menyelesaikannya tanpa bantuan seperti waktu memecahkan teka-teki di atas).

0 comments: