Thursday, July 08, 2010

Kotak Pandora (Bag. 1) (Solusi)

Nah, sudah menemukan jawabannya? Bandingkan, yuk!

Ada 3 pernyataan clue yang diberikan:
  • Kotak emas: “Cincin ada di dalam kotak ini.”
  • Kotak perak: “Cincin tidak ada di dalam kotak ini.”
  • Kotak timah: “Cincin tidak ada di dalam kotak emas.”

Dikatakan bahwa dari ketiga pernyataan yang diberikan, hanya ada 1 atau tidak ada sama sekali pernyataan yang benar (ini adalah petunjuk sebenarnya!). Sekilas kita bisa lihat bahwa pernyataan pada kotak emas dan kotak timah saling bertolak belakang (tentu hanya satu yang benar dan yang lainnya salah), sedangkan pernyataan pada kotak perak tidak dapat ditebak benar/salahnya. Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kemungkinan “status” (benar/salah) dari masing-masing pernyataan pada tiap kotak.
  • Jika hanya ada satu pernyataan yang benar, maka dua pernyataan lainnya salah. Pernyataan yang benar bisa saja terdapat pada kotak emas, perak, ataupun timah (ada 3 kemungkinan).
  • Jika tidak ada pernyataan yang benar, maka ketiga pernyataan tersebut salah (ada 1 kemungkinan).

Jadi, terdapat 4 kemungkinan yang dapat digambarkan sebagai berikut:


Dari keempat kemungkinan yang ada, hanya ada satu kemungkinan yang merupakan “fakta selaras”, yang akan memberikan petunjuk sebenarnya tentang keberadaan cincin tersebut. Jadi, langkah kedua adalah menentukan “fakta” dari keempat kemungkinan yang ada. Caranya, kita sinkronkan atau selaraskan dulu masing-masing pernyataan dari ketiga kotak. Jika pernyataan dianggap benar, maka faktanya sesuai dengan yang tertera. Jika pernyataan dianggap salah, maka faktanya adalah inversi dari pernyataan tersebut (tambahkan kata “tidak” jika kalimat tersebut merupakan kalimat positif, atau hilangkan kata “tidak” jika kalimat tersebut merupakan kalimat negatif). Contoh:
  • Jika pernyataan pada kotak emas dianggap benar, maka faktanya “Cincin ada di dalam kotak ini.”
  • Jika pernyataan pada kotak emas dianggap salah, maka faktanya “Cincin tidak ada di dalam kotak ini.”
  • Jika pernyataan pada kotak perak dianggap salah, maka faktanya “Cincin ada di dalam kotak ini.”

Kemudian, kita cek keselarasannya –apakah ketiga pernyataan tersebut mengungkapkan fakta yang selaras dan tidak bertolak belakang. Begini hasilnya:


Nah, bisa kita lihat bahwa ternyata kemungkinan 3 yang mengungkapkan fakta yang selaras. Jadi, fakta tersebut adalah:
  • Kotak emas: “Cincin tidak ada di dalam kotak ini.”
  • Kotak perak: “Cincin ada di dalam kotak ini.”
  • Kotak timah: “Cincin tidak ada di dalam kotak emas.”

Well, sekarang kita bisa tahu bahwa cincin terdapat di dalam kotak perak. Good job!
But,… jangan merasa lega dulu… masih ada teka-teki lainnya yang akan diberikan Pandora padamu. Siap-siap, ya!


For your information (FYI), Permainan asah otak ini saya copy dari situs Brain Teasers (http://brainden.com/einsteins-riddles.htm). Di sana kamu bisa dapetin permainan asah otak lainnya. Yah, hitung-hitung buat mengasah logika ataupun sekedar buat mengisi waktu. Kalau kamu kesulitan dalam memecahkannya, kunjungi saja forumnya, dan kamu bakal dapatin “bantuan” dari mereka yang sudah terlebih dahulu mengerjakannya (walaupun demikian, bagi saya sendiri, lebih puas dan lebih seru saja kalau berhasil menyelesaikannya tanpa bantuan seperti waktu memecahkan teka-teki di atas).

0 comments: