Tuesday, December 29, 2009

Egoku vs Egomu

Selagi kita hidup di dunia, kita akan selalu membutuhkan orang lain. Dan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan itu adalah dengan hidup berdampingan dengan harmonis. Akan tetapi, setiap orang tentu mempunyai kebutuhan, keinginan, ataupun kepentingan yang berbeda-beda. Tak jarang keinginan dan kepentingan pribadi berbenturan dengan keinginan atau kepentingan orang lain.

And the question is,
"Jika keinginan dan kepentingan pribadi itu bertabrakan dengan keinginan atau kepentingan orang lain apa yang sebaiknya dilakukan?"
Ada yang berkata bahwa kita harus mencari jalan tengah yang disebut "golden way". Bagaimana caranya?


Di satu sisi, kita harus mempertahankan apa yang harus kita perjuangkan untuk diri sendiri. Di sisi lain, kita harus menghargai kepentingan orang lain. "Memudahkan jalan bagi orang lain akan memudahkan jalan kita sendiri," ada yang berpendapat demikian.

Menurut saya sendiri, mungkin kita harus kembali lagi menelaah masing-masing kepentingan, asas prioritas, dan ujungnya adalah kemaslahatan masing-masing dan kemaslahatan bersama. Yah, walau kadang kita harus "mengalah" (sebenarnya saya kurang setuju dengan istilah "mengalah" karena menurut saya sikap itu lebih tepat disebut "memudahkan" atau "memberikan kelonggaran jalan bagi orang lain"). Tidaklah mengapa. Karena saya yakin, setiap kemudahan yang kita berikan pada orang lain akan memudahkan jalan kita sendiri menuju kebaikan.

Bagaimana dengan pendapatmu?

0 comments: